Jumat, 26 Februari 2010

Memperingati Maulid Nabi Bukanlah Bid'ah

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah tradisi yang sudah dirayakan oleh umat Islam selama berabad-abad dalam langkah memperingati hari kelahiran Rasulullah, tetapi ada sejumlah Ulama yang mengatakan bahwa merayakan Maulid Nabi itu tidak perlu atau bahkan ada yang mengatakan hukumnya bid'ah atau menyimpang terhadap Islam karena tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah padahal ini sesungguhnya salah besar!!
Maulid Nabi emang tak pernah diajarkan oleh Rasulullah. Perayaan Maulid Nabi ini pertama kali digelar oleh Khalifah Sallahudin Al-ayubi pada saat terjadi perang salib dengan tujuan menyemangatkan kembali para pejuang Mujahidin dengan kisah-kisah perjuangan Rasulullah menghadapi para kaum kafir yang menunjukan bahwa tantangan para pejuang tidak sebanding dengan tantangan yang dihadapi oleh Rasulullah dan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta kaum terhadap Rasul.
Jadi sesungguhnya merayakan Maulid Nabi tidak merupakan bid'ah asalkan tujuannya semata untuk menumbuhkan rasa semangat dan cinta terhadap Rasulullah dan bukan untuk mempertuhankan Rasul seperti dengan apa yang terjadi terhadap kaum Nabi Isa as yang telah mempertuhankan dia.
jadi ingat! Maulid Nabi bukanlah Bid'ah dan sebaiknya dirayakan dengan mengingat kembali kisah-kisah perjuangan Rasul dan untuk selalu menjaga Agama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar